DWARAKA KOTA YANG HILANG (5)

PENGGALIAN BEKAS KOTA DWARAWATI

Sejak tahun 1983 Unit  Marine Archeology  dari  National Institute of Oceanography melaksanakan eksplorasi dan penggalian  pada kota legenda Dwaraka .  Penjelasan singkat mengenai penemuan bawah laut  kota yang hilang  muncul tahun 1987,  Penemuan kota Dwaraka yang tenggelam adalah hasil dari  penelitian selama tahun 1983  sampai 1987. Hal yang perlu juga dicatat  adalah gambaran arsitekturnya sesuai dengan  kota  Dwaraka  seperti yang tercantum pada epos Mahabharata dan juga  sesuai dengan  yang tercantum pada naskah kuno. Pelabuhan  Aramda  pada jalan menuju  Bet Dwaraka merupakan pintu masuk yang pertama.
Epos  Mhabharata menyebutkan bahwa bendera berkibar di kota Dwaraka. Di dalam laut ditemukan  batu sebagai alas dari tiang bendera. Antardvipa di daerah  Kugasthali yang tercantum pada Mahabharata mestilah  Bet Dwaraka  Kota itu sekarang telah ditemukan  oleh arkeolog, ditempat yang sama seperti yang diceritakan oleh naskah kuno
Pada 19 Mei 2001 Menteri  Sains dan Teknologi India Muni Munohar Joshi mengumumkan penemuan  reruntuhan  di Teluk Khambhat, dikenal sebagai Komplek Kebudayaan Teluk Khambhat, yang terletak sepanjang sembilan kilometer di pantai Provinsi  Gujarat, pada kedalaman sekitar 40 meter


Pahatan Wisnu dari Peninggalan Dwaraka

Penemuan  Bet  Dwarka bisa dipilah menjadi dua perioda. Perioda pra sejarah dimana ditemukan segel  ukiran kulit kerang  dengan rmotif tiga kepala binatang, pancing tembaga dan gerabah Harappan kuno (kira-kira  1700-1400 SM) dan dari zaman sejarah berupa uang logam dan gerabah.
Ada beberapa bagian dari Pulau Dwaraka akan tenggelam pada saat pasang naik. Eksplorasi lepas pantai dekat Bet Dwaraka, memberikan sinar terang,,  beberapa jangkar batu  dari berbagai tipe, ada  yang berbentuk segi tiga dan ada  yang bulat.  Lokasi Bet Dwaraka sangat baik untuk keamanan berlabuh dimasa lampau karena terlindung dari gelombang tinggi dan badai.


Tim Dr. S.R.Rao yang terdiri dari ahli explorasi bawah laut, fotographer bawah laut yang terlatih dan arkeolog berpengalaman. Teknik penelitian  geofisika merupakan gabungan dari penggunaan echo-sounder, penembus lumpur, dan metal detector bawah air. Tim ini melakukan 12 kali ekspedisi arkeologis antara tahun 1983 sampai  1992 M dan benda-benda antik yang diketaemukan dikirim  ke Physical Research Laboratory untuk diberikan tahun. Dengan menggunakan  thermoluminescence,, pemberian tahun pada karbon  dan  tenik modern yang ilmiah’   artefak yang diketemukan berasal dari perioda abad ke 15 SM sampai abad ke  18 SM. Dalam karya besar  “Kota Dwaraka yang Hilang”, Dr. S.R.Rao memberikan rincian ilmiah atas penemuan dan artefak.
Pondasi dari bangunan dimana pagar kota dibangun pada 3,600 tahun yang lalu. Kota yang tenggelam sampai bagian utara yaitu  Bet Dwaraka (juga dikenal sebagai Sankhodhara, dikatakan sebagai tempat istirahat Sri Krishna  Kota itu meluas ke selatan sampai  ke Okhamadhi dan  Pindara di timur).


Jangkar Batu Berbentuk Prisma

Marine Archeologists juga menemukan sejumlah besar struktur bebatuan, persegi empat panjang, setengah lingkaran dan bentuk segi empat di kedalaman.Benda-benda itu  tersebar diarea yang luas. Disamping itu banyak macam jangkar batu juga diketemukan. Hal ini menunjukkan bahwa Dwaraka pada mulanya  merupakan pelabuhan yang ramai di pantai barat Bharatavarsha ( India kuno). Sekitar tahun  1500 SM hampir seluruh kota nampaknya telah hancur. Diantara benda yang diketemukan dari dasar laut adalah sebuah segel berukuran 18mm x 20mm dengan gambar banteng, binatang tak dikenal, kambing terpahat dengan arah berlawanan dengan jarum jam. “Tak ragu motifnya  adalah asli Indus “.  Dan hal ini sejalan dengan isi naskah kuno Harivamsa, dimana setiap penduduk  Dwaraka harus membawa mudra sebagai tanda pengenal untuk dapat masuk ke Dwaraka 



Artikel berikutnya :
Dua batu bulat dengan satu lubang kurang lebih berusia 1500-1400 SM ditemukan, disamping pancing besi, barang-barang kuningan, sebuah lonceng tembaga dan beberapa pancing perunggu. …………… Tigapuluh koin tembaga juga diketemukan di area penggalian …………………. Arkeoloog bawah air menemukan struktur kuno di lepas pantai Dwaraka;  struktur melingkar dipantai  Dwaraka; yang ditemukan dibawah air; merupakan sisa bagian depan dari struktur kuno candi ………….


Sumber :
(Dicantumkan pada Artikel ke 14, GERHANA BERPASANGAN)
Dst
33. Year of Mahabharata — Full Article Text , Daily Pioneer

Belum ada Komentar untuk "DWARAKA KOTA YANG HILANG (5)"

Posting Komentar

Add