MENEMBUS RUANG DAN WAKTU - 5






Mempersatukan ruang dan waktu
Inilah kata Einstein mengenai Agama masa depan : “The religion of the future will be a cosmic religion. It should transcend a personal God and avoid dogmas and theology. Covering both natural and the spiritual, it should be based on a religious sense arising from the experience of all things, natural and spiritual as a meaningful unity”. (Agama masa depan akan menjadi agama semesta. Ini harus melampaui Tuhan personal dan menghindari dogma dan teologi. Harus didasarkan pada rasa keagamaan  yang muncul  dari segala pengalaman, meliputi baik alam dan spiritual sebagai kesatuan yang bermakna). Nampaknya kedepan dogma yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah  atau secara spiritual, perlahan-lahan akan ditinggalkan pengikutnya

Teori relativitas khusus Einstein menciptakan hubungan mendasar antara ruang dan waktu. Alam semesta dapat dilihat sebagai memiliki ruang tiga dimensi – atas / bawah, kiri / kanan, maju / mundur – dan satu dimensi waktu. Ruang 4-dimensi ini disebut sebagai kontinum ruang-waktu. Jika Anda bergerak cukup cepat melalui ruang, pengamatan yang Anda buat tentang ruang dan waktu agak berbeda dari pengamatan orang lain, yang bergerak dengan kecepatan yang berbeda.

Kesadaran Kuantum.
Kesadaran kuantum adalah teori kesadaran yang mendasari keterhubungan semua orang dan segala sesuatu dan didasarkan pada fakta bahwa medan kuantum dapat menjangkau segala sesuatu bahkan yang jauh di ruang angkasa. Para fisikawan menemukan bahwa: Hukum-Hukum fisika yang mengatur dan mengendalikan Alam semesta ini sesungguhnya adalah hukum-hukum dari pikiran kita sendiri. Para fisikawan berdasarkan eksperimen telah menunjukkan bahwa jika dua partikel yang berpasangan dipisahkan, dan tidak peduli  seberapa jauh mereka (bahkan bermiliar mil terpisah), perubahan dalam satu partikel langsung menciptakan perubahan simultan pada partikel lain seolah-olah mereka terhubung. Fenomena ini disebut “Belitan Kuantum” yang Einstein menyebutnya dengan ”sebuah kejutan menakutkan dari kejauhan” dan menjadi sebuah realitas dasar yang para fisikawan belum mampu menjelaskan meskipun ada banyak teori yang mereka telah ciptakan.


Sebuah buku berjudul "Biocentrism: Bagaimana Hidup dan Kesadaran Apakah Kunci Untuk Memahami  Alam Semesta"  telah menimbulkan Internet, karena mengandung gagasan bahwa kehidupan tidak berakhir ketika tubuh mati, dan itu bisa bertahan selamanya. Penulis buku ini, ilmuwan Dr Robert Lanza, seorang ahli dalam pengobatan regeneratif dan direktur ilmiah Advanced Cell Technology Company,  yang terpilih sebagai 3 ilmuwan yang paling penting  oleh New York Times,  sebelumnya ia telah dikenal untuk penelitiannya yang luas mengenai sel induk.  Ia juga terkenal dengan beberapa eksperimen yang sukses pada kloning  spesies hewan yang terancam punah.

Teori  biocentrisme,   mengajarkan bahwa kehidupan dan kesadaran merupakan dasar untuk alam semesta ini.  Kesadaran yang menciptakan alam semesta material, bukan sebaliknya. Teori ini menyiratkan bahwa kematian kesadaran sama sekali tidak ada.  Kematian itu ada karena orang mengidentifikasi diri mereka dengan tubuh mereka. Mereka percaya bahwa tubuh akan binasa, cepat atau lambat, dan mereka berpikir kesadaran mereka akan hilang juga. Jika tubuh menghasilkan kesadaran, maka kesadaran hilang ketika tubuh mati. Tetapi jika tubuh menerima kesadaran dengan cara yang sama seperti TV menerima sinyal dari satelit, maka tentu saja kesadaran tidak berakhir pada saat kematian. Bahkan, kesadaran ada di luar kendala ruang dan waktu. Hal ini dapat berada di mana saja: di dalam tubuh manusia dan di luar itu. Menurut teori neo-biocentrism ada banyak tempat atau alam semesta lain di mana jiwa kita bisa bermigrasi setelah kematian. Tapi apakah jiwa ada?. Menurut Dr Stuart Hameroff, pengalaman mendekati kematian terjadi ketika informasi kuantum yang mendiami sistem saraf meninggalkan tubuh dan menghilang ke alam semesta



Dr Robert Lanza juga berpendapat bahwa beberapa alam semesta dapat eksis secara bersamaan. Dalam satu alam semesta, tubuh bisa mati. Dan di alam lain roh terus ada, menyerap kesadaran yang bermigrasi ke alam semesta ini. Ini berarti bahwa orang mati saat bepergian melalui terowongan yang sama berakhir tidak di neraka atau di surga, tetapi di dunia yang sama yang ia pernah huni. Fakta bahwa alam semesta kita tidak sendirian didukung oleh data yang diterima dari teleskop ruang Planck. Menggunakan data, para ilmuwan telah menciptakan peta yang paling akurat dari latar belakang gelombang mikro, yang disebut radiasi latar belakang peninggalan, yang tetap sejak awal alam semesta kita. Mereka juga menemukan bahwa alam semesta memiliki banyak relung gelap diwakili oleh beberapa lubang dan kesenjangan yang luas.


Menurut Stuart dan fisikawan Inggris Sir Roger Penrose, Kesadaran berada, pada sel-sel otak, yang merupakan situs utama dari pengolahan kuantum. Setelah kematian, informasi ini dilepaskan dari tubuh. Apakah  benar-benar bagian dari kesadaran yang non-material akan hidup setelah kematian tubuh fisik?. Dr Hameroff mengyatakan: "Katakanlah jantung berhenti berdetak, darah berhenti mengalir, mikrotubulus kehilangan keadaan kuantum mereka., namun  informasi kuantum dalam mikrotubulus tidak hancur, tidak dapat dimusnahkan, hanya terdistribusikan dan menghilang ke alam semesta". Robert Lanza  menambahkan bahwa bukan hanya tidak ada di alam semesta, itu  mungkin ada di alam semesta lain. bahwa informasi kuantum ini bisa eksis di luar tubuh, tanpa batas, sebagai jiwa."

Energi kesadaran Anda berpotensi akan didaur ulang kembali ke dalam tubuh yang berbeda di beberapa titik
(reinkarnasi), dan dalam waktu sebelumnya berarti energy kesadaran itu ada di luar tubuh fisik pada beberapa tingkat  realitas yang lain, dan mungkin di alam semesta lain.



Menembus Ruang & Waktu.
Cahaya meresap pada saat Big Bang. Cahaya adalah sesuatu yang tercepat di alam semesta ini dan berkecepatan 300 ribu km per detik. Dibutuhkan jumlah tak terbatas energi untuk memindahkan objek ke dalam kecepatan cahaya. Pada kecepatan cahaya, masa lalu, masa kini, dan masa depan semua bisa ada secara bersamaan.Jika seseorang bisa melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya, mereka akan menjadi abadi. Ada juga teori kuantum superposisi dimana materi bisa eksis di lebih dari satu dimensi pada waktu yang bersamaan – hal ini membuat fenomena anomali seperti Near Death Experience  menjadi sangat mungkin.
Carl Jung (1875-1961) psikolog asal Swiss dan seseorang yang pernah mengalami Near Death Experience  yang mendirikan psikologi analitis, yang juga terkenal karena konsep-konsep psikologisnya termasuk arketipe, ketidaksadaran kolektif, analisis mimpi, dan sinkronisitas. Minatnya dalam filsafat dan metafisika yang menyebabkan banyak orang menganggapnya sebagai seorang mistikus. Merujuk pada diskusi antara Albert Einstein dan Wolfgang Pauli (dua pendiri fisika kuantum) Jung percaya ada kesejajaran antara sinkronisitas dengan relativitas waktu dan hubungannya dengan kesadaran.


1.  Para ilmuwan menemukan bagaimana realitas obyektif sesungguhnya tidak lebih dari sebuah  ilusi
2.  Waktu mengalir baik maju dan mundur secara simetris dan relatif – sebuah konsep yang membuat perjalanan waktu menjadi mungkin
3. Past life regression tidak terlepas dari konsep reinkarnasi. Kondisi masa lalu seseorang biasanya berkaitan dengan kondisinya di masa kini. 


Sumber dicantumkan pada artikel Einstein : Realitas Hanyalah Ilusi - 6,  terakhir.

1 Komentar untuk "MENEMBUS RUANG DAN WAKTU - 5"

Add