TRAH IDA I DEWA KALERAN BONGANCINA (I DEWA PUTU BADENGAN) (1)

Trah Ida I Dewa Kaleran, Bongancina

Pernikahan  Desak Putu Sepi, tidak direstui oleh kakaknya  (Desak Putu Sepi “dijual” oleh kakaknya), sehingga menimbulkan ketersinggungan  dan menyebabkan terjadinya perselisihan diantara kedua belah pihak, baik keluarga yang mengambil maupun keluarga yang diambil, yang mengakibatkan situasi memanas, sampai-sampai I Dewa Putu Keteg direncanakan  akan dibunuh. Tetapi Tuhan masih melindunginya, rencana pembunuhan itu  disampaikan oleh ipar I Dewa Putu Keteg dan meminta beliau agar pada malam hari itu juga meninggalkan desa Gelgel. Di malam hari yang mencekam, pergilah beliau menyeberangi bukit-bukit, hutan-hutan dengan menahan rasa haus maupun lapar, sampailah beliau di desa Bungkulan.



I Dewa Putu Keteg meninggal di Bungkulan. Sepeninggal I Dewa Putu Keteg,  anak  beliau  I  Dewa  Putu  Kereped  meninggalkan desa Bungkulan menuju desa Runuh  bersama  ibunya  Desak  Made  Nombong  yang  kemudian menikah dengan I Dewa Gentil dari  desa  Pelapuan. I Dewa  Putu Kereped menikah dengan Desak Meradi. Ketika beliau  telah  memiliki  4  oang  anak : I  Dewa  Putu  Badengan, Desak  Made  Siring,  I Dewa Nyoman Gelgel dan  yang  terkecil  I  Dewa  Ketut  Kawit  yang  baru  berumur +/- dua tahun, beliau pindah dari Runuh menuju Ringdikit.  Desak  Meradi tergoda di Ringdikit  dan  menikah di sana. Hanya  enam  bulan I  Dewa Putu  Kereped menetap di Ringdikit, kemudian  pindah  menuju  Pelapuan. Beliau di Pelapuan +/- empat bulan, kemudian mengajak empat orang anak tanpa istri, beliau pindah  menuju Bukit Telu. Beliau dibantu oleh Bapa   Becol  dan   Bapa  Cimlok. Sekitar tahun 1900 an I Dewa Putu Kereped pindah ke Poh Santen, desa Kutul.  Setelah membuka tanah di Poh Santen sampai ke pelemahan Tista seluas satu ukur (+/- 77 Ha), ipar I  Dewa  Putu Badengan dan I Dewa Ketut Kawit,  ikut ke Bongancina, dan oleh keluarga I Dewa Putu Kereped, dihibahkan sebidang tanah  yang terletak di pelemahan Tista.

Anak-anak I Dewa Putu Kereped semuanya tinggal di Poh Santen, yang sampai sekarang lokasi bekas pemukiman tersebut masih terlihat berundag-undag, sebagai bekas perumahan.  Karena  Tukad  Yeh  Leh  sering  kebanjiran, sehingga  menyulitkan, bila pergi ke Bongancina, maka   I Dewa Nyoman Gelgel pindah ke Delod Sema,  I  Dewa Putu Badengan beserta adik-adiknya pindah  ke Banjar Dalem. Di Banjar  Dalem  juga didirikan merajan keluarga. Setelah merajan selesai, I Dewa  Putu  Badengan   pindah ke Munduk Ngandang.

Anak-anak I Dewa Putu Kereped delapan orang yaitu: I Dewa Putu Badengan, Desak Made Siring, I Dewa Nyoman Gelgel, I Dewa Ketut Kawit, I Dewa Made Daweg, I Dewa Nyoman Sandi, I Dewa Ketut Gunung, I Dewa Made Gingsir.

Keturunan I Dewa Putu Badengan adalah sebagai berikut : 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 I Dewa Putu Badengan

 Bongancina,, Buleleng

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 Desak Nyoman Lesog

 Bongancina,, Buleleng

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 Ni Nyoman Runis

 Bongancina,, Buleleng

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 Desak Made Mawi 

 Bongancina,, Buleleng

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 Desak Putu Sekar

 Tabanan

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 Desak Made Subita

 Tabanan

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 I Dewa Nyoman

 Bongancina,, Buleleng

 

 

 

31

 

 

 

 

 

 Jro Nyoman

 Bongancina,, Buleleng

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 Desak Putu

 Bongancina,, Buleleng

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 Desak Made

 Bongancina,, Buleleng

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 Desak Nyoman

 Bongancina,, Buleleng

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 I Dewa Ketut

 Bongancina,, Buleleng

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 I Dewa Putu

 Sanur, Denpasar

 

 

 

41

 

 

 

 

 

 Jro Nyoman

 Sanur, Denpasar

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 Desak Putu

 Sanur, Denpasar

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 I Dewa Made

 Sanur, Denpasar

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 I Dewa Ketut

 Sanur, Denpasar

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 Desak Made

 Bongancina,, Buleleng

 BACA JUGA, KLIK DIBAWAH INI :

PrabuKalianget  Dinobatkan

PeninggalanPrabu Kalianget

BabadDalem Kaleran

SilsilahDalem Gedong Artha

Belum ada Komentar untuk "TRAH IDA I DEWA KALERAN BONGANCINA (I DEWA PUTU BADENGAN) (1)"

Posting Komentar

Add